Home » Perkembangan Internet » Perkembangan Internet Dari Masa ke Masa

Perkembangan Internet Dari Masa ke Masa

Wednesday, August 15th 2012. | Perkembangan Internet

perkembangan internetPerkembangan internet berlangsung begitu cepat. Dari yang awalnya hanya untuk kepentingan intern Departemen Pertahanan Amerika, internet kini menjadi jaringan yang terhubung secara global. Hampir semua orang kini bisa mengakses internet dengan mudah melalui komputer atau bahkan di genggaman tangan dengan handphone. Berbagai kepentingan mulai dari komunikasi, informasi, dan bisnis pun diakomodasi oleh internet. Bagaimanakah perkembangan internet sebenarnya sampai maju seperti sekarang?

 

Perkembangan Internet di Amerika

perkembangan internet di indonesiaPengembangan internet dimulai pada tahun 1957 oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). Departemen Pertahanan Amerika ini ingin meningkatkan teknologi militer mereka dengan menghungkan komunitas sains dan pangkalan militer agar terintegrasi. Keinginan ini sendiri dilatarbelakangi perang dingin yang tengah terjadi antara Amerika dan Uni Soviet kala itu. Setelah tiga tahun melakukan riset dan pengembangan, akhirnya pada tahun 1960 Amerika berhasil menemukan paket switching ARPA. Penemuan ini digunakan untuk mengirim pesan dalam paket-paket yang lebih kecil dan aman. Packet switching ARPA juga memungkinkan banyak koneksi dalam satu jariangan. Selanjutnya pada tahun 1969, seluruh jaringan komputer di Amerika menerapkan paket switching sebagai metode komunikasi publik. Ini adalah awal dari perkembangan internet yang lebih maju.

Perkembangan Internet Dunia

perkembangan internet di duniaSetelah itu, Departemen Pertahan Amerika ingin meneruskan riset untuk mencari tahu cara menggabungkan sejumlah komputer dalam satu jaringan. Program riset ini diberi nama ARPANET. Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1970, mereka berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Jaringan komputer ini kemudian dilengkapi dengan program e-mail oleh Roy Tomlinson pada tahun 1972. Program e-mail pun langsung populer dan perkembangan internet makin pesat. Tidak berhenti disitu, ahli komputer Amerika yaitu Robert Kahn dan Vinton Cerf kemudian mengembangkan lapisan protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) pada tahun 1974. Protokol ini merupakan sekumpulan aturan main antar jaringan. Dengan standar protokol TCP/IP, berbagai jaringan lokal yang tersebar di banyak tempat akan bisa saling terhubung dan membentuk jaringan global yang sekarang lebih dikenal dengan nama jaringan internet. Pada tahun-tahun itu, universitas-universitas Amerika juga ikut mengembangkan jaringan internet untuk keperluan pendidikan mereka. Mereka bisa berkomunikasi dan berbagi informasi secara intern dalam kampus atau ekstern dengan universitas lain. Universitas lain yang dimaksud tidak hanya di Amerika Serikat saja, tapi juga di Kanada dan Eropa. Mereka berkomunikasi dengan layanan email dan chat di internet. Kemudian, ditemukan aplikasi World Wide Web (WWW) pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi WWW ini membuat perkembangan internet semakin canggih karena pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam konten serta saling mengaitkan materi-materi di halaman web. Selanjutnya, muncul penyedia layanan internet atau Internet Service Provide (ISP) yang menyediakan koneksi internet untuk publik yang lebih luas. Perkembangan internet pun merambah Asia, Australia, dan Afrika. Di Indonesia, internet masuk pada tahun 1994. Pada tahun itu juga pertama kali muncul e-retail atau belanja secara online di internet. Yahoo! salah satu mesin pencari dan penyedia layanan email terbesar juga didirikan pada tahun 1994 tersebut. Bahkan browser Netscape Navigator 1.0. juga pertama kali diperkenalkan pada tahun bersejarah itu. Dengan 4 hal yang berlangsung secara bersamaan itu, internet makin mendapat tempat di masyarakat. Mereka kini tidak ragu lagi memanfaatkan internet untuk berbagai kepentingan bahkan menjadi bagian dari perkembangan internet itu sendiri.

tags: , , ,